BITCOINESIA

Bitcoin, Mata Uang Digital

Akhir tahun 2017, publik di hebohkan adanya sebuah mata uang, dimana bukan mata uang yang dapat kita lihat ataupun kita pegang secara langsung, melainkan mata uang yang terdapat dalam sistem komputer. Mata uang tersebut adalah Bitcoin. Dimana anda dapat melakukan jual-beli bitcoin (trading) atau bahkan anda bisa menambangnya.

Pengertian dan Penjelasan Bitcoin

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan salah satu mata uang digital dimana memiliki jaringan konsesus yang bisa anda gunakan untuk sistem pembayaran serta uang tersebut sepenuhnya berbentuk digital. Pembayaran bitcoin sendiri menggunakan peer-to-peer dimana dikontrol sepenuhnya oleh pengguna tanpa adanya perantara. Jika diartikan, bitcoin seperti uang tunai yang terdapat di dunia internet.

Siapa yang mengendalikan bitcoin?

Tidak ada orang satupun yang memiliki jaringan Bitcoin, Bitcoin dikendalikan oleh seluruh penggunanya di seluruh dunia. Pengembang sesungguhnya dapat meningkatkan perangkat lunak Bitcoin, tapi mereka tidak dapat memaksakan pergantian di dalam protokol Bitcoin sebab seluruh pengguna bebas menentukan perangkat lunak dan versi yang ingin mereka gunakan. Agar dapat selalu sesuai satu sama lainnya, seluruh pengguna mesti pakai perangkat lunak yang ikuti ketetapan yang sama. Bitcoin cuma dapat bekerja dengan baik jika tersedia konsensus penuh di antara seluruh penggunanya. Dengan demikian, seluruh pengguna dan pengembang memiliki insentif yang kuat untuk melindungi konsensus ini.

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin?

Jika dilihat dari sudut pandang pengguna, Bitcoin sama halnya seperti aplikasi ponsel atau program komputer yang menyediakan dompet bitcoin (wallet) dan dapat berfungsi untuk mengirim serta menerima Bitcoin.

Dalam sisi belakang Bitcoin, jaringan ini memberikan sebuah catatan publik yang biasa disebut dengan "block chain". Catatan ini berisi semua transaksi yang pernah dilakukan, Keaslian dari setiap transaksi dilindungi bersama dengan tanda tangan digital yang berhubungan dengan pengirim. Hal ini membuat semua pengguna dapat melakukan kontrol penuh atas pengiriman bitcoin dari alamat mereka. Selain itu, anda bisa menambang bitcoin dengan perangkat keras khusus untuk mendapatkan hadiah berubah bitcoin.

Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin?

Meskipun masih bisa saja untuk mendapatkan individu yang berniat menjual bitcoin untuk ditukar bersama dengan pembayaran kartu kredit ataupun PayPal, sebagian besar transaksi tidak mengizinkan pembayaran lewat metode-metode tersebut. Hal ini dikarenakan kasus-kasus di mana seseorang membeli bitcoin menggunakan PayPal, lalu membatalkan separuh transaksi mereka. Kasus layaknya ini biasanya disebut "chargeback".

Apakah Bitcoin Sah?

Di beberapa negara yang terdapat di dunia, mata uang digital Bitcoin ini belum dinyatakan ilegal, namun ada beberapa negara besar yang dengan keras melarang mata uang asing seperti Argentina dan Rusia. Negara seperti Thailand juga membatasi izin entitas mata uang tertentu seperti bursa bitcoin.

Para pembuat kebijakan dari bermacam negara sedang menyiapkan cara untuk menyediakan peraturan bagi individu dan bisnis perihal bagaimana mengintegrasikan teknologi baru ini dengan peraturan sistem finansial formal. Contohnya, Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN), sebuah biro di Departemen Keuangan Amerika Serikat, menerbitkan petunjuk terlepas perihal bagaimana pemerintah mengatasi secara khusus berkaitan mata uang virtual.

Mengapa bitcoin memiliki nilai?

Bitcoin mempunyai nilai seperti uang. Bitcoin miliki sifat-sifat uang (tahan lama, ringkas, bisa ditukarkan, langka, bisa dibagi, dan bisa dikenali) berdasarkan rumusan matematika. Singkat kata, Bitcoin mendapat dukungan oleh matematika. Dengan atribut-atribut ini, seluruh yang diperlukan dari uang untuk miliki nilai ubah adalah keyakinan dan penerimaan. Dalam persoalan Bitcoin, situasi ini bisa diukur bersama pertumbuhan pengguna, penjual dan pengguna awal. Seperti mata uang lainnya, nilai bitcoin datang cuma dari orang-orang yang senang menerimanya sebagai alat pembayaran.

Apa yang menentukan harga bitcoin?

Harga bitcoin ditentukan oleh permohonan dan penawaran. Ketika permohonan untuk bitcoin meningkat, harga meningkat dan kala permohonan menurun, harga turun. Bitcoin yang telah beredar jumlahnya terbatas dan bitcoin baru dibuat dengan tingkat yang mampu diprediksi dan menurun, yang artinya permohonan harus mengikuti besaran inflasi untuk melindungi harga senantiasa stabil. Karena Bitcoin tetap merupakan pasar yang relatif kecil dibanding potensi yang sebenarnya mampu dicapai, maka tidak memerlukan kuantitas duit yang besar untuk mobilisasi harga pasar naik atau turun, dan oleh gara-gara itu harga bitcoin tetap benar-benar gampang berubah.